Solving iTunes & Media Player freeze problem di Snow Leopard

Setelah Update mac dari Leopard 10.5 ke Snow Leopard 10.6 ada beberapa hal yang mengganggu dalam pengoperasian mac. Dimulai dari tidak kompatibelnya Sierra wireless modem di 10.6.0 (bisa jalan lagi setelah update ke 10.6.1), Sharing Internet Connection yang belum bisa jalan (belum ada solusi sampai 10.6.4), serta iTunes & Media player Crash.

Problem itunes dan media player menyebabkan mac gw serasa bisu, tidak bisa dipakai untuk memutar musik & movie. Gejala yang terjadi adalah, ketika kita jalankan aplikasi itunes, VLC, quicktime, Movist, dan beberapa program audio video lainnya, yang terjadi berikutnya application freeze dan harus di kill. sebelumnya gw kira karena aplikasi belum update, tetapi kenyataan udah di update berulang kali aplikasi2 tersebut masih tetap freeze.

Cari-cari solusi di forum maik lokal maupun luar tidak ketemu juga solusinya. akhirnya kemarin tidak sengaja aku mampir di webnya adham soemantrie, ternyata  “QuickTime X tidak bisa bekerja sama dengan Perian“. ok then, apakah benar ini yang selama ini menyebabkan mac gw bisu?

Penasaran dengan pernyataan ini, gw coba untuk uninstal semua plugin audio, mulai dari perian, oss3d, ~/library/QuickTime/buang module plugin selain A52Codec.component, AC3MovieImport.component, AppleIntermediateCodec.component, AppleMPEG2Codec.component. Masih penasaran juga, aku uninstal juga componen di iTunes, ~/library/iTunes/iTunes Plug-ins/

hasilnya…..?

Mac gw bisa nyanyi & main movie lagi🙂

Ternyata memang problemnya berada di crash antara plugin/codec bawaan Mac dengan plugin/codec add on. Mac OS 10.6 ternyata sudah mendukung aneka codec movie selain mp4, tidak seperti Mac OS sebelumnya yang mesti menambah add on untuk menjalankan file movie yang macam-macam.

[Solved]

Leave a Reply

